Skip to main content

Nijmegen, Kota Kecil yang Bikin Susah Move On

Jadi.. tadi malam, sebelum tidur, iseng-iseng saya buka instagramnya gemeente Nijmegen. Gemeente itu mungkin kalo di kita sama kayak pemerintah kota mungkin yah. Di akun instagram itu, baru aja diupload foto terkini Nijmegen. Lagi bersalju, cantik banget.

Well.. mungkin nggak banyak yang tau Nijmegen itu adanya di mana. Tempatnya emang nggak setenar kota-kota cetar di Eropa macam Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin Berlin. Tapi jangan salah, Nijmegen itu punya mantra sendiri yang bisa bikin orang nggak bisa move on.

Ehm.. dulu saya itu pernah jadi warga Nijmegen. Nggak lama sih, cuma setaun. Waktu itu saya tinggal di sana buat nerusin kuliah saya. Saya inget, pas dulu saya baru pulang ke Indonesia terus ketemu orang-orang baru, mereka itu nanyanya nggak jauh-jauh dari:
“Dulu di Belandanya di mana?”
“di Nijmegen”
 “Hmm.. Nijmegen itu di sebelah mananya Amsterdam yah ?”

Atau bahkan ada yang nanya
“Emang ada yah di Belanda kota yang namanya Nijmegen?”
Bahkan yang lebih parah
“Oh.. dulu kuliahnya di Belanda. Di Leiden yah?”
“Bukan, di Nijmegen bu.”
“Oh iya.. itu di Leiden kan”😑
Imbasnya, saya akhirnya harus selalu jelasin letak geografisnya Nijmegen itu di mana. Bahkan beberapa kali sampai harus mendadak buka google cuma buat buktiin klo kota yang namanya Nijmegen itu ada dan terpampang nyata bukan fatamorgana, 😁

Jadi.. Nijmegen itu adalah sebuah kota kecil di bagian tenggara Belanda. Letaknya sebenernya lebih deket ke Jerman daripada ke Amsterdam. Bahkan katanya, pas perang dunia ke dua dulu, Nijmegen ini pernah dibombardir gara-gara dianggap bagian dari kota Kleve, Jerman. And FYI, Nijmegen ini adalah kota tertua di Belanda.

Lokasi Nijmegen. Lebih deket main ke Kleve daripada ke Amsterdam

Karena kota ini tua, kita bisa liat beberapa bangunan bersejarah yang masih terawat. Di Valkofpark misalnya, masih bisa kita liat reruntuhan kastil Valkhof yang survive dari bom di perang dunia ke dua. Ada juga Sint. Stevenskerk (gereje St. Steven) dan bagian paling ikonik dari Nijmegen, grote markt, yang umurnya nggak kalah tua.

Reruntuhan Carolingian Barbarossa Chapel di Valkhof park


Grote markt



Waalkande


Waktu itu, saya tinggal di student complex Vossenveld. Tempatnya  deketan banget sama Mass-Waalkanaal. Kebetulan kamar saya sendiri ngadep ke arah kanal. Jadi bisa keliatan apa-apa yang ada di kanal. Kalo cuaca lagi bagus, di sana suka ada yang latihan kano, atau orang yang lagi lari-lari di pinggir kanal. Sangat lumayan buat cuci mata pas lagi jenuh baca textbook 😊. Tapi kalo cuacanya lagi khas Belanda banget, gloomy, dingin,.. paling-paling yang bisa keliatan cuma kapal tongkang yang kebetulan lewat.

Student complex SSHN Vossenveld


View dari kamar ke kanal

Mungkin, di daerah utara Belanda lebih banyak kanal dan bangunannya daripada pohon. Di Nijmegen justru lebih rimbun. Well.. mungkin ini hanya kesan pribadi saya, tapi menurut saya, Nijmegen itu lebih hangat dari pada kota-kota di bagian utara.

Nijmegen juga nggak terlalu luas, 1,5 jam bersepeda pun kayaknya kita udah bisa sampai dari ujung satu ke ujung lainnya Nijmegen. Penduduknya juga nggak terlalu banyak. Jalanannya nggak hectic kayak di Utrech. Rotterdam atau Amsterdam. Situasi sehari-hari Nijmegen malah lebih sepi dari Garut di malam hari. Buat orang kayak saya, kondisi kayak ini bener-bener bikin betah. Tapi walaupun Nijmegen ini sepi, bukan berarti Nijmegen ini nggak punya tempat nongkrong. Buat yang suka party party, Nijmegen punya banyak tempat yang bisa bikin kalian party sampe pagi. Buat yang suka duduk-duduk cantik sambil 'ngafe' pun ada banyak café yang siap bikin kalian nggak mau pulang ke rumah. Atau buat yang suka belanja, Nijmegen punya banyak outlet-outlet yang siap buat manjain mata. Dari mulai yang bersahabat di kantong sampe yang bisa nguras kantongpun ada.


Sepinya jalan di Nijmegen ngalahin sepinya Garut di malam hari



Buat yang Muslim pun nggak usah takut, Nijmegen punya masjid. Di Nijmegen ada komunitas orang-orang Turki dan Maroko jadi nggak terlalu susah buat sembahyang. Cari makan halal juga gampang. Di tambah lagi, orang-orang Nijmegen udah terbiasa dengan perempuan berhijab. Jadi nggak akan tuh diliatin dari atas ke bawah cuma gara-gara pake hijab. 

Huuuhh.. jadi makin kangen sama kota ini. Asli, kota ini langsung bikin kita berasa di rumah sendiri pas kita baru nyampe. Buat saya pribadi, saya nggak pernah ngerasa tinggal di negara orang waktu di sana. Berasa langsung nyetel aja pas nyampe sana. Dulu biasanya kalo lagi nggak ada kuliah, saya akan langsung tancap sepeda saya buat jalan-jalan sendirian di centrum (pusat kota). Atau kalo cuaca lagi nggak bersahabat, saya akan buka tirai kamar lebar-lebar terus pasang sofa saya menghadap jendela. Sambil ditemani musik dan teh hangat, saya bisa ngelamun selama mungkin sambil ngeliatin daun daun dan air gemericik di kanal.

Oh God…I think I left my heart in Nijmegen



Comments

Popular posts from this blog

Tentang Berlebaran (Mumpung Masih Syawal)

Sebenernya tulisan ini dirintis ditulis dari beberapa hari sebelum takbiran dan lebaran kemaren gegara efek dengerin podcastnya Milenial Islami di Inspigo. Waktu itu, kebetulan bahasannya lagi tentang berlebaran di luar negeri. Tapi akhirnya, tulisan ini baru bisa diselesaikan lima menit yang lalu dan di publish hari ini, berminggu-minggu setelah lebaran usai (yang penting masih bulan Syawal   kan yah, kan katanya bulan Syawal itu bulan banyak berkah makanya banyak yang nikah, eh ). Waktu itu males nerusin tulisan ini karena dunia perjagadmayaan keburu rusuh dan bikin gerah. Aku sempet uninstall Twitter dan Instagram untuk beberapa saat karena mumet liat makhluk Tuhan pada berantem terus gegara perhelatan copras-capres (Padahal percayalah kawan, berantem   khususnya berantem di medsos nggak bikin kita kenyang, yang ada jempol bareuh dan ngajebragan ) Jadi ceritanya begini, setelah lebih dari ribuan purnama aku hidup di dunia, baru di Lebaran taun ini aku baru ngerasain lagi spe

Makasih yah 2023, Hai Hallo 2024!

Sponsored by kerikil skenanya Kopitagram Bandung Hi! Lama tak jumpa. Tau nggak, huruf pertama tulisan ini aku tulis di 00.00 menuju tahun 2024 (penting banget ya?). Kesannya kayak disengajain banget yah biar dapet momennya. Padahal sebenernya nggak juga lo. Sebenernya aku nulis karena aku nggak bisa tidur (padahal udah rencana banget tidur cepet biar pagi di tahun baru bisa ku isi dengan ngerutinin jogging pagi lagi). Tapi ya mau gimana, matanya nggak mau merem. Sebenernya juga tiga bulan belakangan jadwal tidurku balik kacau. Ini ngefek juga ke rutinitasku yang lain (yang tadinya udah mulai kek orang sehat dan bener, haha). Aku mulai sering skip olahraga, makan berantakan, ngopi tiap hari dan berakhir dengan mata panda yang makin kentara (gimana mau glowing coba? Katanya kau mau glowing hey!). Oke, selagi rang-o-rang pada dar der dor di luar sana, mari kita recap tahun 2023 kemaren yah (sebulan lalu Vici bilang supaya aku mulai harus rajin nulis jurnal akademik , biar kalo lagi