Skip to main content

10 Years Challenge (In A More Serious Way)


My weeks have been very hectic lately… program studi lagi persiapan reakreditasi dan aku dapet tugas buat ngumpulin data dan nyusun borang. Seriously… kemarin-kemarin, rasanya waktu itu singkat banget, baru bangun tidur trus berangkat kerja, pulangnya malem, tidur, bangun lagi, kerja lagi, pulang malem lagi … gitu aja terus. Untungnya… di sela-sela ke-hectic-an itu masih ada temen-temen yang selalu siap diajak piknik cuma buat ngerefresh diri biar tetep waras. Aku juga bersyukur karena Tuhan seolah selalu ngingetin kenapa pada akhirnya aku memilih pekerjaan ini dan love it so bad!

Anyways… Let’s talk about something else, shall we?

Sebulan kemarin  dunia perjagadmayaan lagi heboh sama tanggar  10 years challenge. Sebagai penghuni dunia maya,  Aku juga ikutan buat seru-seruan. Tadinya pengen banget ngetawain diri sendiri yang mukanya dari dulu begitu-begitu aja. Artinya, itu muka emang nggak ada progress yang berarti sama sekali, haha…  Tapi tenang, kita nggak bakal bahas foto muka aku yang mungkin lebih cocok disimpen buat nakutin tikus. Aku pengen sedikit ngobrol tentang personal development aku sebagai seorang pribadi dalam sepuluh tahun ini.

So, let me tell you who I was in 2009 …

Di 2009, aku masih kuliah S1 tingkat dua, dari sisi umur waktu itu aku baru mau menginjak 18 tahun. Lagi berapi-apinya, kayak lagunya Bung Rhoma lah ‘masa muda, masa yang berapi-api’. At that poin, I’d labeled myself as ‘a super determined-and-know what I want person’. Di tahun itu aku emang lagi semangat-semangatnya meniti mimpi. Saat itu, aku punya target buat lanjutin ke Belanda dan buktiin sama orang-orang kalo  pilihan hidup yang aku buat itu nggak salah (Selow anak muda, selow… jangan seberapi-api itu, nggak baik buat kesehatan). Saat itu,  memang banyak orang yang menyayangkan keputusan aku kuliah di sastra, apalagi sastra sunda, termasuk orang tua. Mereka pasti bilang, “nanti selesai mau jadi apa?” (Lah? ini jadi ape? :D).

Aku sendiri justru melihat kuliah di sastra itu sebagai jalan awal biar bisa kuliah di Belanda. Dari hasil penelusuran minat bakat aku waktu di SMA, aku diberitahu kalau Tuhan kasih aku gift dari sisi bahasa, dan aku memang ngerasa passion aku ada di sana. Maka dari itulah aku mantap pilih sastra. Aku pribadi selalu yakin apapun yang kita lakukan, kalo dikerjakannya dengan passion dan sepenuh hati, pasti nggak sia-sia.

Dan karena itulah di umur yang baru mau nginjak 18 itu, aku kayak lagi kejar setoran. Pagi siang aku isi dengan belajar dan ngerjain sesuatu buat nambahin isi CV (nggak heran kan kenapa ini kantung mata begitu kentara). Serius banget pokoknya. Sampe kadang lupa buat maen-maen sekedar refresh. Apalagi punya waktu buat menyayangi diri sendiri. Semuanya karena aku memang takut gagal, aku terlalu control freak sehingga takut apa-apa yang udah direncanakan nggak berjalan sesuai rencana. Susah rasanya menerima kegagalan buat aku saat itu. I was my own worst enemy!. Mungkin kalo aku bisa balik ke masa itu, aku pengen banget bilang “give yourself a break, dea.. Seloo!”. Aku emang dulu kurang bisa menikmati hidup, dan terlalu banyak mikir, makanya apa-apa dipikirin, dan jadinya selalu over-thinking. Padahal over-thinking itu jelas nggak bagus. Selain itu, my empathic side frequently killed me. Aku nggak bisa tahan kalo liat anak kucing sendirian meong-meong di pinggir jalan, rasanya udah jadi kayak jadi makhluk paling nggak berguna di dunia aku ini (Well, I can’t help, I’m a Pisces! And anyways… don’t fall in love with a Pisces, ntar situ susah move on nya). Dulu ketakutannya terlalu banyak, takut patah hati, takut nyakitin orang lain, takut nggak diterima orang lain sebagai seorang pribadi, takut diangap ini, takut dianggap itu, takut jadi diri sendiri …

Simply say, I didn’t appreciate myself, and had no idea about self-acceptance at all. Atau mungkin bisa aku bilang, saat itu.. I knew what I wanted, but had no idea who I was.

Then, who am I in 2019? Dalam rentang  10 tahun dari 2009 ini, ada banyak hal yang jauh membuat aku merasa lebih baik. Mungkin di tahun 2009, agak sulit buat aku menerima kegagalan dan memaafkan diri sendiri. Sekarang ini aku merasa lebih jauh bisa menerima kegagalan dan melepaskan apa yang memang nggak jadi rejekinya aku. Sekarang ini aku bisa dengan mudah bilang “ya udah bukan rejekinya”. Sangat jauh lebih mudah juga rasanya buat aku yang sekarang menerima apa yang memang tidak berjalan sesuai rencana. Kalo di tahun 2009 yang aku pikirkan jauh lebih tentang personal achievement, sekarang ini aku lebih berpikir gimana caranya aku bisa berkontribusi kepada sesama. Well, I’m aware that I’m not a leader but I know it very well that I’m a giver.

Aku versi muda selalu terlalu takut buat sakit hati, makanya sering kali belum apa-apa udah mundur duluan. Kata orang Sunda mah “kumeok memeh dipacok”. Sekarang,  aku yang tuaan ini udah sama sekali got nothing to lose, hajar aja dulu. Kalo katanya Paramore mah “It’s not that I don’t feel the pain, It’s just I’m not afraid of hurting anymore”.  Terus, Aku yang kalo apa-apa selalu over-thinking dan terlalu sensitif (maksudnya bukan gampang sensi yah tapi gampang mewek, well can’t help… it’s in my vein), sekarang ini udah bisa lebih mengontrol dan mengikhlaskan ketakutan yang ada di kepala aku. Dan yang terpenting adalah aku nggak takut menyayangi dan menerima diri sendiri. Sekarang aku lebih banyak ngobrol sama diri sendiri, lebih mau dengerin apa yang sebenernya diinginkan oleh diri aku yang paling dalam (Cieee..... )


Mudah-mudahan di sepuluh tahun selanjutnya, aku bisa jauh lebih baik sebagai seorang individu.  Dan dengan bertambah tua dan lebih kalem (yakin bu??) bukan berarti aku udah nggak punya mimpi lagi. Sebenernya masih ada satu mimpi besar di kelapa. Tapi sekarang, aku lebih melihatnya itu seperti bonus aja. Kalo bisa dapet ya Alhamdulillah, kalo nggak ya bukan rejekinya. Toh, masih banyak hal yang bisa aku lakukan buat bisa jadi berguna. Well… see yaa!!:D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nijmegen, Kota Kecil yang Bikin Susah Move On

Jadi.. tadi malam, sebelum tidur, iseng-iseng saya buka instagramnya gemeente Nijmegen. Gemeente itu mungkin kalo di kita sama kayak pemerintah kota mungkin yah. Di akun instagram itu, baru aja diupload foto terkini Nijmegen. Lagi bersalju, cantik banget. Well.. mungkin nggak banyak yang tau Nijmegen itu adanya di mana. Tempatnya emang nggak setenar kota-kota cetar di Eropa macam Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin Berlin. Tapi jangan salah, Nijmegen itu punya mantra sendiri yang bisa bikin orang nggak bisa move on . Ehm.. dulu saya itu pernah jadi warga Nijmegen. Nggak lama sih, cuma setaun. Waktu itu saya tinggal di sana buat nerusin kuliah saya. Saya inget, pas dulu saya baru pulang ke Indonesia terus ketemu orang-orang baru, mereka itu nanyanya nggak jauh-jauh dari: “Dulu di Belandanya di mana?” “di Nijmegen”  “Hmm.. Nijmegen itu di sebelah mananya Amsterdam yah ?” Atau bahkan ada yang nanya “Emang ada yah di Belanda kota yang namanya Nijmegen?” Bahkan yang

Tentang Berlebaran (Mumpung Masih Syawal)

Sebenernya tulisan ini dirintis ditulis dari beberapa hari sebelum takbiran dan lebaran kemaren gegara efek dengerin podcastnya Milenial Islami di Inspigo. Waktu itu, kebetulan bahasannya lagi tentang berlebaran di luar negeri. Tapi akhirnya, tulisan ini baru bisa diselesaikan lima menit yang lalu dan di publish hari ini, berminggu-minggu setelah lebaran usai (yang penting masih bulan Syawal   kan yah, kan katanya bulan Syawal itu bulan banyak berkah makanya banyak yang nikah, eh ). Waktu itu males nerusin tulisan ini karena dunia perjagadmayaan keburu rusuh dan bikin gerah. Aku sempet uninstall Twitter dan Instagram untuk beberapa saat karena mumet liat makhluk Tuhan pada berantem terus gegara perhelatan copras-capres (Padahal percayalah kawan, berantem   khususnya berantem di medsos nggak bikin kita kenyang, yang ada jempol bareuh dan ngajebragan ) Jadi ceritanya begini, setelah lebih dari ribuan purnama aku hidup di dunia, baru di Lebaran taun ini aku baru ngerasain lagi spe

Makasih yah 2023, Hai Hallo 2024!

Sponsored by kerikil skenanya Kopitagram Bandung Hi! Lama tak jumpa. Tau nggak, huruf pertama tulisan ini aku tulis di 00.00 menuju tahun 2024 (penting banget ya?). Kesannya kayak disengajain banget yah biar dapet momennya. Padahal sebenernya nggak juga lo. Sebenernya aku nulis karena aku nggak bisa tidur (padahal udah rencana banget tidur cepet biar pagi di tahun baru bisa ku isi dengan ngerutinin jogging pagi lagi). Tapi ya mau gimana, matanya nggak mau merem. Sebenernya juga tiga bulan belakangan jadwal tidurku balik kacau. Ini ngefek juga ke rutinitasku yang lain (yang tadinya udah mulai kek orang sehat dan bener, haha). Aku mulai sering skip olahraga, makan berantakan, ngopi tiap hari dan berakhir dengan mata panda yang makin kentara (gimana mau glowing coba? Katanya kau mau glowing hey!). Oke, selagi rang-o-rang pada dar der dor di luar sana, mari kita recap tahun 2023 kemaren yah (sebulan lalu Vici bilang supaya aku mulai harus rajin nulis jurnal akademik , biar kalo lagi