Skip to main content

Tentang Berlebaran (Mumpung Masih Syawal)


Sebenernya tulisan ini dirintis ditulis dari beberapa hari sebelum takbiran dan lebaran kemaren gegara efek dengerin podcastnya Milenial Islami di Inspigo. Waktu itu, kebetulan bahasannya lagi tentang berlebaran di luar negeri. Tapi akhirnya, tulisan ini baru bisa diselesaikan lima menit yang lalu dan dipublish hari ini, berminggu-minggu setelah lebaran usai (yang penting masih bulan Syawal kan yah, kan katanya bulan Syawal itu bulan banyak berkah makanya banyak yang nikah, eh). Waktu itu males nerusin tulisan ini karena dunia perjagadmayaan keburu rusuh dan bikin gerah. Aku sempet uninstall Twitter dan Instagram untuk beberapa saat karena mumet liat makhluk Tuhan pada berantem terus gegara perhelatan copras-capres (Padahal percayalah kawan, berantem  khususnya berantem di medsos nggak bikin kita kenyang, yang ada jempol bareuh dan ngajebragan)

Jadi ceritanya begini, setelah lebih dari ribuan purnama aku hidup di dunia, baru di Lebaran taun ini aku baru ngerasain lagi spesialnya Ramadhan dan Idul Fitri (emang situ kemane aje sist?). Bukan karena aku berubah murtad, bukan…. Tapi karena Ramadhan dan Idul Fitri lama-lama lebih terasa kayak rutinitas tahunan tok buat aku. Mungkin karena kerja keras bagai kuda membuat kita lupa sama hidup yang sebenarnya ( elaaahhh ngomongnya ……)

Semuanya gara-gara bahasan podcastnya Milenial Islami yang bilang kalo sebagai warga Indonesia, kita begitu amat sangat teramat benar-bener  beruntung bisa berlebaran di Indonesia. Sebagai gambaran, nih aku runut yah. Ketika mulai mendekati Ramadhan, kita diingatkan oleh berseliwerannya iklan Marjan di TV. Iklan Marjan itu seolah bilang sama kita “Cuy.. bentar lagi Puasa”. Begitu masuk bulan Ramadhan, TV-TV bikin program sahur, bocah-bocah keliling komplek buat bangunin sahur, belum lagi menu sahur spesial yang disiapin Ibu di rumah. Siangnya, warteg-warteg digordenging. Katanya untung menghormati orang yang puasa biar yang puasa nggak tergoda (padahal mah bisa jadi biar yang godin bisa aman godin siang-siang). Udah gitu sorenya menjelang buka, lautan takjil udah menanti. Tinggal pilih aja mau buka pake apa. Belum lagi kadang ada undangan bukber gratis ditambah deretan bukber-bukber lain yang siap menuhin jadwal (asal nggak bukber bareng mantan aja deh ya). Malemnya, masjid rame sama orang-orang yang  tarawihan (meskipun biasanya penuh di awal sama akhir puasa aja). 

Lebaran di tempatku, di Bandung

Menjelang Lebaran, toko-toko kasih diskon menjurus nggak masuk akal. Belum lagi OL shops yang juga kasih diskon dan voucher-voucher cashback gede-gedean. Pas malam takbiran tiba, jalanan tumpah ruah rame sama orang-orang yang takbiran (dan belanja). Udah gitu dilanjut pas Lebarannya, kita makan-makan plus seneng-seneng kumpul sama keluarga yang kadang ketemunya emang pas Lebaran doang (meskipun kadang males ngadepin pertanyaan-pertanyaan khas Idul Fitri macam “Jadi, kapan mau nikah?")

Singkatnya, Ramadhan dan Lebaran di Indonesia itu WOW. Lingkungannya mendukung, waktu puasanya juga mendukung. Jauh lebih mudah dijalani dan dinikmati sebenarnya. Yang biasanya kurang mendukung cuma THR yang cuma bersifat terima kasih (diterima lalu dikasiin lagi).

On contrary, sini aku ceritain Ramadhan dan Lebarannya aku di Tahun 2014, di sudut kota kecil, di negri orang. Aku kebagian puasa di bulan Juni-Juli, pas summer, puasanya kurang lebih 19 Jam. Seinget aku, sehari sebelum Ramadhan itu aku baru pulang dari rumah temen di La Rochelle. Aku landing di Amsterdam siangan. Niatnya nggak bakal mampir kemana-mana, mau langsung ke kosan buat langsung istirahat supaya bisa tarawih (tarawihnya single lo yah karena nggak ada temennya). Sialnya, di perjalanan kereta berenti selama 3 jam-an, katanya ada yang bunuh diri. Sampe akhirnya kita dipindah ke kereta lain dengan rute yang sebenernya malah jadi muter karena jalur yang biasa dipake lagi dibersihkan dari puing-puing manusia. Sampailah aku di Nijmegen sekitar pukul 9 sorean (kalo summer jam 9 itu masih sore lo, malemnya baru mulai pukul 10an). Karena lapar, aku sengaja mampir ke Restauran Pasundan buat makan bakso. Ceritanya pengen menghadiahi diri dulu buat makan enak sebelum puasa 19 jam selama sebulan. Kebetulan di sana lagi ada Om Maluku (aku lupa namanya, tapi Om ini dari Maluku. Aku sering ngobrol sama beliau kalo kebetulan ketemu). Karena lama ngobrol, akupun baru pulang ke kosan pukul 10an (meskipun gara-gara ngobrol akhirnya baksoku dibayarin sama Om Maluku  :D). Kebetulan saat itu udah masuk waktu Magrib, aku sholat kemudian pingsan. Aku bilang pingsan karena aku benar-benar nggak tau kapan aku mulai tidur. Aku baru bangun dan sadar ketika tinggal 15 menit lagi menuju Sholat Subuh. Panik dong.. buru-buru aku Sholat Isya dan tadaaa… nggak sempet sahur. Voila! Puasa 19 jamku yang pertama kali dilakukan tanpa sahur. Alhasil, aku memang nggak pingsan, tapi ususku kayak rapet dan melilit luar biasa. Bahkan ketika berbuka puasa pun, aku malah mual dan muntah nggak bisa makan karena kelamaan perut nggak diisi (aku terakhir makan pukul 9 sore dan baru buka pukul 10 malam besoknya). Puasa hari pertamaku di negri orang tidak sama sekali menyenangkan seperti puasaku biasanya di Indonesia.

Bisa aku bilang, puasa di negri orang itu nggak enak. Nggak ada yang bangunin sahur. Apalagi yang masakin. Sediiih… Waktu itu karena kebetulan puasanya pas summer, jeda yang aku punya dari waktu buka puasa ke sahur cukup sempit. Aku buka puasa pukul 10 sampe setengah 11an dan Isya-nya itu pukul 12an. Sedangkan, saat itu waktu subuhnya pukul 3an. Jadi aku cuma punya waktu ± 3 jam dari Isya sampai Subuh. Biasanya aku buka pake biskuit aja karena perutnya suka sakit kalo langsung makan besar. Makan besarnya aku rapel pas sahur. Dan karena aku nggak mau sampe kelewat sahur lagi, akhirnya aku nggak pernah tidur sampai subuh (kebayang kan nahan ngantuknya, belum lagi harus masak buat sahur dan kebetulan saat itu aku lagi nyusun thesis juga)

Selain itu, aku nggak bisa tarawih di Masjid karena jarak masjid yang cukup jauh. Meskipun aman, agak riskan rasanya kalo aku harus ke masjid lewat pukul 12 malam. Dan lagi, yang tarawihan kan dikitan, udah gitu laki-laki doangan yang ada. Di sisi lain, tarawih di kamar sendiripun nggak efektif. Pernah suatu kali ketika aku lagi tarawihan, temen kosanku ngadain party semaleman. Akhirnya aku harus tarawih dengan konsentrasi super penuh lebih dari biasanya karena khawatir bacaan tarawihku kecampur dengan alunan nada musik ajep-ajep. Kebayang kan baca surat alfatihah diiringi alunan musik ajep-ajep gimana.

Di siang harinya, kalo di Indonesia semuanya terkondisi untuk menghargai orang yang puasa, di sana malah sebaliknya. Makanan di mana-mana. Orang makan juga di mana-mana. Untuk yang laki-laki, ujiannya mungkin lebih besar karena ketika summer, perempuan di sana senang ‘berjemur’ dan ‘berminim-minim’ dalam berpakaian (Mudah-mudahan pahala puasa kalian nambah besar yah wahai para pemuda dan bapak). Kebetulan waktu itu juga ada World Cup jadi banyak tempat buat nobar outdoor. Orang-orang nonton sambil pada minum, makan, jilatin ice cream… Aku nonton sambil nelenin ludah dan usap-usap keringet. Ujian dunia begitu nyata saudara-saudara!

Di sana sama sekali nggak berasa feel Ramadhannya. Aku ngerasa malah kita kayak puasa biasa aja. Bahkan ketika Lebaran tiba pun, rasanya sama aja kayak hari biasa. Meskipun, untuk beberapa jam, kita sempat merasa spesial. Aku inget sebelum Lebaran tiba, kita, orang-orang Indonesia di Nijmegen kumpul bikin kepanitiaan Lebaran. Aku kebagian jadi seksi acara bareng Dea (the other Dea), dan Mba Lidya. Untuk tempat, awalnya kita mau sewa Studentenkerk (studentenkerk ini gerejanya kampus, tapi di sini ada mushalanya juga) buat lebaran. Tapi karena udah ada yang sewa, kita akhirnya harus cari tempat lain dan sewa sebuah gedung serbaguna buat Lebaran (beda kan, kalo Indonesia mah gampang). Pas hari lebaran tiba, kita kumpul pagi pagi dengan tempat seadanya dan makanan alakadarnya (kebanyakan dibawain sama orang Indonesia yang udah menetap di sana, yang mahasiswa bagian makan nya aja). Di titik itu barulah berasa bener Lebarannya. Kita yang cuma segitu-gitunya, bisa bener-bener berkumpul buat merayakan Lebaran. Setelah makan, ada sedikit acara game dan ramah tamah selanjutnya acara Lebaran selesai. Kita semua pulang ke habitatnya masing-masing. Ada yang kembali bekerja, kembali ngerjain thesis, kembali ke perpus… Semuanya kembali normal, seperti hari biasa. Seanyep itu Ramadan dan Lebaran di negri orang.

Lebaran di Nijmegen, Sepi....

Anyways
… dari tulisan sepanjang itu, sebenarnya aku cuma pengen liatin betapa enak dan ringannya hidup menjadi seorang Muslim di Indonesia. Di sini, kita bahkan nggak usah scanning makanan terus-terusan sebelum membeli cuma buat tau makanan itu halal atau nggak (kita punya MUI cuy!). Alam dan lingkungan di Indonesia ini sebenarnya sebegitu kondusif dan mendukung buat kita. Tinggal kitanya aja. Udah dulu ah yah.. kapan-kapan kita cerita-cerita lagi.

Comments

  1. Bahkan pemerintah turut berpartisipasi dengan ngadain THR 😄

    ReplyDelete
  2. Nah itu... nggak kurang enak gimana coba 😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nijmegen, Kota Kecil yang Bikin Susah Move On

Jadi.. tadi malam, sebelum tidur, iseng-iseng saya buka instagramnya gemeente Nijmegen. Gemeente itu mungkin kalo di kita sama kayak pemerintah kota mungkin yah. Di akun instagram itu, baru aja diupload foto terkini Nijmegen. Lagi bersalju, cantik banget. Well.. mungkin nggak banyak yang tau Nijmegen itu adanya di mana. Tempatnya emang nggak setenar kota-kota cetar di Eropa macam Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin Berlin. Tapi jangan salah, Nijmegen itu punya mantra sendiri yang bisa bikin orang nggak bisa move on . Ehm.. dulu saya itu pernah jadi warga Nijmegen. Nggak lama sih, cuma setaun. Waktu itu saya tinggal di sana buat nerusin kuliah saya. Saya inget, pas dulu saya baru pulang ke Indonesia terus ketemu orang-orang baru, mereka itu nanyanya nggak jauh-jauh dari: “Dulu di Belandanya di mana?” “di Nijmegen”  “Hmm.. Nijmegen itu di sebelah mananya Amsterdam yah ?” Atau bahkan ada yang nanya “Emang ada yah di Belanda kota yang namanya Nijmegen?” Bahkan yang

Makasih yah 2023, Hai Hallo 2024!

Sponsored by kerikil skenanya Kopitagram Bandung Hi! Lama tak jumpa. Tau nggak, huruf pertama tulisan ini aku tulis di 00.00 menuju tahun 2024 (penting banget ya?). Kesannya kayak disengajain banget yah biar dapet momennya. Padahal sebenernya nggak juga lo. Sebenernya aku nulis karena aku nggak bisa tidur (padahal udah rencana banget tidur cepet biar pagi di tahun baru bisa ku isi dengan ngerutinin jogging pagi lagi). Tapi ya mau gimana, matanya nggak mau merem. Sebenernya juga tiga bulan belakangan jadwal tidurku balik kacau. Ini ngefek juga ke rutinitasku yang lain (yang tadinya udah mulai kek orang sehat dan bener, haha). Aku mulai sering skip olahraga, makan berantakan, ngopi tiap hari dan berakhir dengan mata panda yang makin kentara (gimana mau glowing coba? Katanya kau mau glowing hey!). Oke, selagi rang-o-rang pada dar der dor di luar sana, mari kita recap tahun 2023 kemaren yah (sebulan lalu Vici bilang supaya aku mulai harus rajin nulis jurnal akademik , biar kalo lagi