Skip to main content

Menua, Menjadi Tua ...

 


Oh hai… Malam ini, di tengah-tengah laptop yang lagi buka file bahan ajar, RPS dan revisi skripsi (gaya loe.. ), tetiba ada notif dari Nonon. Kenalin, Nonon ini adalah kawan di circle terdekat aku yang super duper kreatif. Dan tentunya, nonon ini adalah makhuk yang selalu mau aku ajak ngobrol ngalor-ngidul (termasuk selalu mau diajak ngobrolin dari mulai hal mistis sampe bahasan sejarah yang selalu bikin kawan lain pengen bubar jalan). Anyways… nonon ini punya blog, dan nulisnya rajin (nggak kayak aku). Karena notif dari Nonon ini, akupun terdistraksi, ya sudahlah… toh nggak setiap saat, otak juga butuh istirahat.

Lepas magrib tadi nonon tiba-tiba tag aku di Instastorynya. Ternyata, isinya adalah screenshot tulisan yang pernah aku buat sebelas tahun lalu di Facebook. Yup, tulisan yang ditulis pada saat energi lagi banyak-banyaknya, hati lagi galau-galaunya, otak lagi mumet-mumetnya mikirin masa depan, haha

Dan sejujurnya… aku kaget aku pernah nulis begituan, Hahaha…

Aku jadi inget, dulu.. tulisan itu dibuat dari hasil ngobrol online bareng temenku namanya Teguh dan temennya Teguh namanya Raka. Jadi, awalnya Teguh ngajakin aku buat nulis email berantai antara Teguh, Aku, Raka dan temen mereka namanya Kartika. Email ini adalah email random dimana kita diperbolehkan buat nulis apa aja semau kita, apapun yang ada di kepala. Semuanya berawal dari tulisan Teguh yang ini…

 

Dan… please allow me to share a bit of what Raka wrote back then

 



 

Mind-blowing bukan? Saat itu kami bahkan belum genap dua puluh tahun. Tapi kami senang berbagi banyak tentang hidup dan kehidupan. Oh man.. how I miss that kind of deep talk... (Btw, Teguh dan Raka.. kalo kalian baca ini, makasih yah pernah bisa ngobrol seseru itu).

Mungkin… semakin menua kita mulai lupa dengan hal-hal kecil yang biasa kita suka. Bukan karena sengaja dilupakan, tepi lebih karena kita dituntut untuk memenuhi apa yang orang bilang ‘prioritas’. Kita (mungkin aku) setiap harinya tertuntut untuk memenuhi ‘sesuatu’ sampai lupa untuk sekedar menikmati hidup sendiri. Makin hari hidup makin berasa seperti ‘pemenuhan rutinitas’. Yang penting kerjaan selesai, ya udah.. mau apa lagi?

Aku jadi ingat, dua belas tahun lalu, aku selalu excited ketika aku bisa ketemu dan ngobrol banyak hal sama orang. Well.. aku memang nggak seneng berada di tengah-tengah banyak orang, tapi aku akan super excited ketika aku bisa ngobrol banyak sama orang. Dulu aku sering menghabiskan waktu di internet cuma buat ngobrol random sama orang. Buat aku ini menyenangkan. Aku jadi berpikir, apa mungkin ketika muda obrolan itu terasa menyenangkan karena kita memang tidak terbebani apapun? Ketika menua kita mulai punya hal-hal yang dulunya tidak kita punya, akhirnya… obrolan menjadi kurang menyenangkan karena akhirnya yang dibahas adalah ‘kepentingan’.

Tidak bisa aku dipungkiri juga, semakin tua pertemanan semakin menyempit. Aku tentu punya circle pertemanan yang selalu bisa aku ajak ngobrol. Tapi gara-gara corona, kami jadi jarang ketemu. Belum lagi, teman-temanku juga punya hidup. Meskipun mereka pasti mau, aku tak tega mengganggu mereka cuma buat aku ajak ngobrol ngalor ngidul.

Yah... hidup memang terus bergerak, manusia juga berubah. Pada akhirnya, kita hanya akan bergravitasi pada yang memang sekubu. Kita (atau mungkin hanya aku) perlahan kehilangan orang yang biasa kita ajak berbicara, atau bahkan mungkin kita (atau mungkin aku) perlahan menganggap berbicara dan berbagi tidak lagi esensial. Ah sudahlah, sepertinya aku hanya harus buka facebook lagi…

Terima kasih Non, blog ini akhirnya diupdate.

Tulisan ini kok serius yah? Udah ah, ntar makin kemana-mana. Aku mungkin memang benar-benar butuh piknik saat ini.


Comments

Popular posts from this blog

Nijmegen, Kota Kecil yang Bikin Susah Move On

Jadi.. tadi malam, sebelum tidur, iseng-iseng saya buka instagramnya gemeente Nijmegen. Gemeente itu mungkin kalo di kita sama kayak pemerintah kota mungkin yah. Di akun instagram itu, baru aja diupload foto terkini Nijmegen. Lagi bersalju, cantik banget. Well.. mungkin nggak banyak yang tau Nijmegen itu adanya di mana. Tempatnya emang nggak setenar kota-kota cetar di Eropa macam Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin Berlin. Tapi jangan salah, Nijmegen itu punya mantra sendiri yang bisa bikin orang nggak bisa move on . Ehm.. dulu saya itu pernah jadi warga Nijmegen. Nggak lama sih, cuma setaun. Waktu itu saya tinggal di sana buat nerusin kuliah saya. Saya inget, pas dulu saya baru pulang ke Indonesia terus ketemu orang-orang baru, mereka itu nanyanya nggak jauh-jauh dari: “Dulu di Belandanya di mana?” “di Nijmegen”  “Hmm.. Nijmegen itu di sebelah mananya Amsterdam yah ?” Atau bahkan ada yang nanya “Emang ada yah di Belanda kota yang namanya Nijmegen?” Bahkan yang

Tentang Berlebaran (Mumpung Masih Syawal)

Sebenernya tulisan ini dirintis ditulis dari beberapa hari sebelum takbiran dan lebaran kemaren gegara efek dengerin podcastnya Milenial Islami di Inspigo. Waktu itu, kebetulan bahasannya lagi tentang berlebaran di luar negeri. Tapi akhirnya, tulisan ini baru bisa diselesaikan lima menit yang lalu dan di publish hari ini, berminggu-minggu setelah lebaran usai (yang penting masih bulan Syawal   kan yah, kan katanya bulan Syawal itu bulan banyak berkah makanya banyak yang nikah, eh ). Waktu itu males nerusin tulisan ini karena dunia perjagadmayaan keburu rusuh dan bikin gerah. Aku sempet uninstall Twitter dan Instagram untuk beberapa saat karena mumet liat makhluk Tuhan pada berantem terus gegara perhelatan copras-capres (Padahal percayalah kawan, berantem   khususnya berantem di medsos nggak bikin kita kenyang, yang ada jempol bareuh dan ngajebragan ) Jadi ceritanya begini, setelah lebih dari ribuan purnama aku hidup di dunia, baru di Lebaran taun ini aku baru ngerasain lagi spe

Makasih yah 2023, Hai Hallo 2024!

Sponsored by kerikil skenanya Kopitagram Bandung Hi! Lama tak jumpa. Tau nggak, huruf pertama tulisan ini aku tulis di 00.00 menuju tahun 2024 (penting banget ya?). Kesannya kayak disengajain banget yah biar dapet momennya. Padahal sebenernya nggak juga lo. Sebenernya aku nulis karena aku nggak bisa tidur (padahal udah rencana banget tidur cepet biar pagi di tahun baru bisa ku isi dengan ngerutinin jogging pagi lagi). Tapi ya mau gimana, matanya nggak mau merem. Sebenernya juga tiga bulan belakangan jadwal tidurku balik kacau. Ini ngefek juga ke rutinitasku yang lain (yang tadinya udah mulai kek orang sehat dan bener, haha). Aku mulai sering skip olahraga, makan berantakan, ngopi tiap hari dan berakhir dengan mata panda yang makin kentara (gimana mau glowing coba? Katanya kau mau glowing hey!). Oke, selagi rang-o-rang pada dar der dor di luar sana, mari kita recap tahun 2023 kemaren yah (sebulan lalu Vici bilang supaya aku mulai harus rajin nulis jurnal akademik , biar kalo lagi