Skip to main content

Memori tentang Trip: Winter Break, Bonjour Paris!!

(Disclaimer, ini kejadian tahun 2013 lalu, tapi berhubung yang nulis malesnya agak kebangetan, jadilah baru ditulis sekarang. Ceritanya buat nostalgiaan katanya)



Setelah perjuangan rumit buat booking sana-sini (dan aku cuma nyimak dan jadi tim hore), singkat cerita 21 Desember 2013 pun tiba. Kita, genk Nijmegen, berangkat sore dari Nijmegen. Ceritanya sengaja biar bisa beredar dulu di Amsterdam. Sialnya, Amsterdam saat itu ujan gede, dan yg prepare bawa payung cuma Mba Azizah. Mas Levi masih berutung soalnya coatnya doi dari bahan yang agak tahan air. Nah aku, yang coatnya dari bahan kain, basah kuyup tetep meskipun udah dikasih tumpangan payung sama Mba Azizah. Maklum, hujannya gede banget. Saat itu Amsterdam juga nggak rame-rame amat kayak biasanya. Mungkin karena hujan juga kali yah.

Kita yang udah mirip anak kucing keujanan ini juga laper. Belum lagi bis kita masih lama banget. Akhirnya kita memutuskan buat isi perut dulu. Kitapun ketemu kedainya Alibaba (nama persisnya udah lupa, pokoknya Ali Ali gitu). Kedai ini kedai halal, menunya ya tipikal makanan halal di Belanda, kebab, kap salon dan teman-temannya. Sambil nunggu genk Enschede dateng, kita nganget sambil neduh di sana. Di sana barulah aku sadar kalo ada satu hal yang ilang dari tas aku. Ternyata, tempat minum yang aku cantolin di tas udah raib. Katanya Mas Levi mungkin diambil pas tadi kita jalan-jalan sore di centrum Amsterdam. Kebetulan emang pas jalan-jalan, ada bule yang nyapa kita pake bahasa Indonesia. Abis bule itu nyapa, Mas Levi sempet nanyain dompet aku ilang apa nggak. Aku bilang dompet aman. Katanya Mas Levi, di Amsterdam suka banyak yang modus gitu buat nyopet. Untung yang diambil botol minum bukan uang bekel.  Anyways… yang penting uang bekel aman :D.

Credit belongs to kameranya Mas Levi

Seberesnya makan, kita langsung ke tempat bis di Zuiderzeeweg. Mba Indri sama Mas Budi juga langsung ke sana. Kalo nggak salah itu udah mulai larut malem. Tapi emang bis kita berangkatnya tengah malem. Di tempat bis, kita ketemu sama serombongan Indonesia lainnya, mereka dari Groningen. And btw… tim Groningen ini agak lucu, pas masuk bis, mereka serobotan persis kayak naek Damri Jatinangor-Elang kalo udah jam terakhir. Padahal ini di Belanda lo, haha... Kita berangkat tengah malem. Di tengah perjalanan menuju subuh, sopirnya berenti di sebuah rest area. Entahlah itu di mana karena nggak satupun hp kita yang fungsi. Yang jelas, berasa kayak berenti di rest area Cipularang. Di sana juga nggak ada yang dagang, Cuma ada mesin kopi. Aku beli coklat panas buat ngangetin tubuh karena emang waktu itu dingin parah (ya iyalah orang lagi winter).

Kita barengan genk Groningen, difotoin tripodnya Mas Levi


Nggak lama dari situ kita diminta sopir buat kembali ke bis. Aku nggak inget berapa jam.Yang jelas pas aku bangun di bis, bisnya udah sampe Paris (vibes nya berasa di Damri jadi pengen tidur mulu). Kita nyampe jam enam pagian, tapi berhubung winter jadinya ya masih gelap banget (matahari saat itu baru terbit pukul 8-9an). Kita jalan dari tempat pemberhentian bis menuju Arc d’ Truimp lalu ke Eiffel Tower, lewatin lorong bawah tanah gitu. Sambil nunggu matahari naik, kita foto-foto di sekitaran jalan menuju Eiffel. Subuh itu, sepi bener, cuma ada beberapa petugas kebersihan jalan yang lagi bersiin jalan pake mobil. 

Sepinya Paris saat itu


Sepanjang lorong bawah tanah


Di sepanjang perjalanan kita juga sempet berenti buat solat subuh dulu di teras orang (mungkin kalo ketauan yang punya kita udah digiwing ke polisi kali yah). Ada satu momen unik juga pas kita foto-foto sepanjang jalan ini. Pas aku lagi pose buat foto bareng Mbak Azizah, tiba-tiba di belakang kita nimbrung dua bule yang entah dateng dari mana terus langsung ikutan foto. Mas-mas bule ini mungkin baru beres party atau nongkrong sama temennya (golongan remaja pulang pagi nih, haha). Sesampainya di Eiffel Tower, kita santai dan foto-foto sampai matahari muncul. 

Di bawah kakinya La dame de fer

Setelah matahari mulai naik dan kita udah agak lama ngaso sambil foto-foto di sekitaran Eiffel, berhubung kita belum sarapan, kita berangkat buat cari sarapan sekitar Eiffel. Sayangnya kita nggak nemu apapun (nggak nemu yang  murah dan mengenyangkan maksudnya, hehe). Akhirnya, kita mulai jalan di pinggiran sungai Le Siene sambil berharap dapet tempat makan. Di sepanjang jalan kita haha-hihi sendiri sambil berusaha menguatkan kaki yang mulai berasa gempor ini. Kitapun berenti di deket pusat kota dan makan pagi rangkap siang di sebuah cafĂ© kecil. Makananya enak, meskipun nggak bisa nyaingin enaknya nasi padang, tapi setidaknya jauh lebih berasa MSGnya (hidup micin) daripada makanan-makanan di Belanda.

Gurihnya passsss...

Beres makan kita berangkat ke Louvre, di sana kita foto-foto dan ngadem bentar sambil nunggu waktu bis berangkat ke Milan. Kebetulan, tempat bis kita nunggu nggak terlalu jauh dari Louvre, kita tinggal naek metro aja buat sampe di sana. Btw, kita nggak masuk ke museumnya soalnya kita terlalu malas buat bayar mahal tapi harus ngantri panjang.

Full team, masih difotoin tripodnya Mas Levi


Karena kita keasikan di Louvre, waktu kita buat ke Gare Paris Bercy agak mepet. Akhirnya kita agak harus sedikit lari-lari supaya nggak sampe ketinggalan bis ke Gare Paris Bercy. Alhamdulillah kita sampe tepat waktu dan nggak ketinggalan. Selanjutnya seperti biasa kita cek tiket dan paspor. Setelah dipersiapkan masuk bis, aku langsung pasang posisi tidur andalan kalo lagi di bis (pengalaman bertahun-tahun naek damri akhirnya bisa diimplementasikan). FYI, bis ‘ID BUS’ yang aku tumpangi ini disupiri oleh seorang Maddame Prancis cantik. Dia ramah banget dan keliatan banget kalo dia kerjanya sepenuh hati. Well, au revoir Paris, off to Milan now

Comments

Popular posts from this blog

Nijmegen, Kota Kecil yang Bikin Susah Move On

Jadi.. tadi malam, sebelum tidur, iseng-iseng saya buka instagramnya gemeente Nijmegen. Gemeente itu mungkin kalo di kita sama kayak pemerintah kota mungkin yah. Di akun instagram itu, baru aja diupload foto terkini Nijmegen. Lagi bersalju, cantik banget. Well.. mungkin nggak banyak yang tau Nijmegen itu adanya di mana. Tempatnya emang nggak setenar kota-kota cetar di Eropa macam Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin Berlin. Tapi jangan salah, Nijmegen itu punya mantra sendiri yang bisa bikin orang nggak bisa move on . Ehm.. dulu saya itu pernah jadi warga Nijmegen. Nggak lama sih, cuma setaun. Waktu itu saya tinggal di sana buat nerusin kuliah saya. Saya inget, pas dulu saya baru pulang ke Indonesia terus ketemu orang-orang baru, mereka itu nanyanya nggak jauh-jauh dari: “Dulu di Belandanya di mana?” “di Nijmegen”  “Hmm.. Nijmegen itu di sebelah mananya Amsterdam yah ?” Atau bahkan ada yang nanya “Emang ada yah di Belanda kota yang namanya Nijmegen?” Bahkan yang

Tentang Berlebaran (Mumpung Masih Syawal)

Sebenernya tulisan ini dirintis ditulis dari beberapa hari sebelum takbiran dan lebaran kemaren gegara efek dengerin podcastnya Milenial Islami di Inspigo. Waktu itu, kebetulan bahasannya lagi tentang berlebaran di luar negeri. Tapi akhirnya, tulisan ini baru bisa diselesaikan lima menit yang lalu dan di publish hari ini, berminggu-minggu setelah lebaran usai (yang penting masih bulan Syawal   kan yah, kan katanya bulan Syawal itu bulan banyak berkah makanya banyak yang nikah, eh ). Waktu itu males nerusin tulisan ini karena dunia perjagadmayaan keburu rusuh dan bikin gerah. Aku sempet uninstall Twitter dan Instagram untuk beberapa saat karena mumet liat makhluk Tuhan pada berantem terus gegara perhelatan copras-capres (Padahal percayalah kawan, berantem   khususnya berantem di medsos nggak bikin kita kenyang, yang ada jempol bareuh dan ngajebragan ) Jadi ceritanya begini, setelah lebih dari ribuan purnama aku hidup di dunia, baru di Lebaran taun ini aku baru ngerasain lagi spe

Makasih yah 2023, Hai Hallo 2024!

Sponsored by kerikil skenanya Kopitagram Bandung Hi! Lama tak jumpa. Tau nggak, huruf pertama tulisan ini aku tulis di 00.00 menuju tahun 2024 (penting banget ya?). Kesannya kayak disengajain banget yah biar dapet momennya. Padahal sebenernya nggak juga lo. Sebenernya aku nulis karena aku nggak bisa tidur (padahal udah rencana banget tidur cepet biar pagi di tahun baru bisa ku isi dengan ngerutinin jogging pagi lagi). Tapi ya mau gimana, matanya nggak mau merem. Sebenernya juga tiga bulan belakangan jadwal tidurku balik kacau. Ini ngefek juga ke rutinitasku yang lain (yang tadinya udah mulai kek orang sehat dan bener, haha). Aku mulai sering skip olahraga, makan berantakan, ngopi tiap hari dan berakhir dengan mata panda yang makin kentara (gimana mau glowing coba? Katanya kau mau glowing hey!). Oke, selagi rang-o-rang pada dar der dor di luar sana, mari kita recap tahun 2023 kemaren yah (sebulan lalu Vici bilang supaya aku mulai harus rajin nulis jurnal akademik , biar kalo lagi