Skip to main content

Memori tentang Trip: Winter Break, Venice!!!

(Disclaimer, ini kejadian tahun 2013 lalu, tapi berhubung yang nulis malesnya agak kebangetan, jadilah baru ditulis sekarang. Ceritanya buat nostalgiaan katanya)

Dari Milan, kita naik kereta cepatnya Italia "Trenitalia Frecciarossa" menuju Venezia atau orang kenalnya dengan nama internasionalnya yaitu "Venice", kota romantis yang sering dijadiin tujuan penganten baru buat honeymoon, hehe... Waktu yang ditempuh dari Milan ke Venezia adalah sekitar dua jam setengahan. Di Venezia, kita tiba pukul 07.00 malaman. Dari terminal kita langsung ke hostel buat taro barang-barang. Tapi nggak langsung mandi karena kita mau lanjut jalan-jalan (padahal sejak berangkat dari Belanda kita belum ketemu mandi, haha..). Untungnya winter, jadi biarpun kita jalan terus, kita nggak banyak keringetan. Setelah taro barang kita langsung keluar dan jalan-jalan sekalian cari makan malam.

Boneka Santa yang gelantungan di sebrang hostel kita

Kita cuma punya waktu satu malam aja di Venezia. Makanya, kita bener-bener manfaatin waktu satu malam itu buat explore Venezia dari ujung ke ujung. Sebagai pembuka, kita makan malam dulu di sebuah tempat makan lokal. Aku makan Chicken and Veggie (menu paling aman).

Makan malam kita di Venezia

Pas lagi di tempat makan itu entah kenapa perutku tiba-tiba mules. Aku nggak tau apa itu efek dari makanan yang aku makan sebelumnya atau bukan. Aku sendiri curiga ini efek dari makan ikan yang di rest area. Aku curiga soalnya ikan itu ada sausnya. Waktu aku pesen menu itu, karena gap bahasa antara aku sama penjualnya, aku nggak sempet konfirmasi apa aja ingredients yang ada di sausnya. Aku keinget pengalamanku waktu makan menu yang hampir mirip di kantin kampus. Waktu itu, pelayan kantin kampus bilang meskipun menunya ikan tapi di sausnya ada kandungan babinya. Makanya dia kasih tau aku buat skip sausnya. Aku juga inget kata Kang dokter Gozali, kalo kita kemakan bahan yang mengandung babi, perut kita biasanya kasih respon dengan jadi mules-mules. Anyways.. karena mules, aku coba permisi melipir ke toilet. Tapi ternyata di luar prediksiku, toilet di Venezia kotor dan bau. Jauh dari toilet umum di Belanda yang meskipun buat umum tapi cenderung lebih bersih aja.

Selesai isi perut, kita bener-bener jalan-jalan (literally jalan-jalan pake kaki) ngelilingin Venezia dari ujung ke ujung. Venezia ini emang punya magis sendiri buatku. Auranya beda. Meskipun bangunan-bangunannya banyak yang tua, cahaya kotanya juga remang-remang, tapi entah kenapa kasih kesan yang bikin kita betah dan kangen. Sepanjang jalan, yang ku ingat adalah ada banyak penjual street food dan pernak-pernik. Yang paling aku nggak bisa lupa adalah banyak banget yang jual salami dan es krim. Meskipun kota turis, tapi Venezia masih sangat nyaman buat dinikmati. Buat aku vibes "too touristic" yang biasa orang-orang kasih buat tempat yang jadi destinasi utama liburan itu nggak berasa aja di Venezia ini.

Jalan-jalan dalam arti yang sebenar-benarnya

Suasana malamnya Venezia

Ponte di Rialto

Basilica di Santa Maria della Salute

Habis keliling, kita balik ke penginapan di tengah malam. Sampe di penginapan, kita gantian buat mandi (akhirnya..) dan kemudian setelah bersih kita tidur di kasur masing-masing. Karena winter, besoknya setelah bangun dan solat subuh kita masih bisa leha-leha dan rebahan karena matahari belum terbit meskipun udah lewat jam tujuh. Setelah semua anggota tim bangun, kita bersiap buat ngejar kereta kita menuju Firenze . Karena sebelum tidur kita semua udah mandi, kita cuma gosok gigi, ganti baju dan langsung bergegas beresin barang buat cabut dari Venezia. Oh iya, kita skip makan pagi karena kita takut ketinggalan kereta. Sepanjang jalan menuju Venezia Mestre Train Stasion, aku baru sadar kalo ternyata Venezia setelah matahari terbit itu memang bener-bener cakep. Jauh lebih cakep dari yang semalem aku kelilingin. Warna-warna cat tembok bangunan di Venezia ketemu sama warna air kanal di sana bener-bener kombinasi yang ciamik, kayak lukisan antik. Kotanya bener-bener cantik, elegan, nggak berlebihan, dan punya style sendiri. Sayangnya, karena kita bener-bener buru-buru, aku nggak sempet ambil foto kotanya di pagi hari.

Addio Venezia, mudah-mudahan suatu saat kita ketemu lagi! Lanjut ke Firenze kita!

Popular posts from this blog

Nijmegen, Kota Kecil yang Bikin Susah Move On

Jadi.. tadi malam, sebelum tidur, iseng-iseng saya buka instagramnya gemeente Nijmegen. Gemeente itu mungkin kalo di kita sama kayak pemerintah kota mungkin yah. Di akun instagram itu, baru aja diupload foto terkini Nijmegen. Lagi bersalju, cantik banget. Well.. mungkin nggak banyak yang tau Nijmegen itu adanya di mana. Tempatnya emang nggak setenar kota-kota cetar di Eropa macam Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin Berlin. Tapi jangan salah, Nijmegen itu punya mantra sendiri yang bisa bikin orang nggak bisa move on . Ehm.. dulu saya itu pernah jadi warga Nijmegen. Nggak lama sih, cuma setaun. Waktu itu saya tinggal di sana buat nerusin kuliah saya. Saya inget, pas dulu saya baru pulang ke Indonesia terus ketemu orang-orang baru, mereka itu nanyanya nggak jauh-jauh dari: “Dulu di Belandanya di mana?” “di Nijmegen”  “Hmm.. Nijmegen itu di sebelah mananya Amsterdam yah ?” Atau bahkan ada yang nanya “Emang ada yah di Belanda kota yang namanya Nijmegen?” Bahkan yang

Tentang Berlebaran (Mumpung Masih Syawal)

Sebenernya tulisan ini dirintis ditulis dari beberapa hari sebelum takbiran dan lebaran kemaren gegara efek dengerin podcastnya Milenial Islami di Inspigo. Waktu itu, kebetulan bahasannya lagi tentang berlebaran di luar negeri. Tapi akhirnya, tulisan ini baru bisa diselesaikan lima menit yang lalu dan di publish hari ini, berminggu-minggu setelah lebaran usai (yang penting masih bulan Syawal   kan yah, kan katanya bulan Syawal itu bulan banyak berkah makanya banyak yang nikah, eh ). Waktu itu males nerusin tulisan ini karena dunia perjagadmayaan keburu rusuh dan bikin gerah. Aku sempet uninstall Twitter dan Instagram untuk beberapa saat karena mumet liat makhluk Tuhan pada berantem terus gegara perhelatan copras-capres (Padahal percayalah kawan, berantem   khususnya berantem di medsos nggak bikin kita kenyang, yang ada jempol bareuh dan ngajebragan ) Jadi ceritanya begini, setelah lebih dari ribuan purnama aku hidup di dunia, baru di Lebaran taun ini aku baru ngerasain lagi spe

Makasih yah 2023, Hai Hallo 2024!

Sponsored by kerikil skenanya Kopitagram Bandung Hi! Lama tak jumpa. Tau nggak, huruf pertama tulisan ini aku tulis di 00.00 menuju tahun 2024 (penting banget ya?). Kesannya kayak disengajain banget yah biar dapet momennya. Padahal sebenernya nggak juga lo. Sebenernya aku nulis karena aku nggak bisa tidur (padahal udah rencana banget tidur cepet biar pagi di tahun baru bisa ku isi dengan ngerutinin jogging pagi lagi). Tapi ya mau gimana, matanya nggak mau merem. Sebenernya juga tiga bulan belakangan jadwal tidurku balik kacau. Ini ngefek juga ke rutinitasku yang lain (yang tadinya udah mulai kek orang sehat dan bener, haha). Aku mulai sering skip olahraga, makan berantakan, ngopi tiap hari dan berakhir dengan mata panda yang makin kentara (gimana mau glowing coba? Katanya kau mau glowing hey!). Oke, selagi rang-o-rang pada dar der dor di luar sana, mari kita recap tahun 2023 kemaren yah (sebulan lalu Vici bilang supaya aku mulai harus rajin nulis jurnal akademik , biar kalo lagi