Skip to main content

Memori tentang Trip: Winter Break, Pre-Departure!


(Disclaimer, ini kejadian tahun 2013 lalu, tapi berhubung yang nulis malesnya agak kebangetan, jadilah baru ditulis sekarang. Ceritanya buat nostalgiaan katanya)

Sebenarnya Winter trip ini adalah rencananya Mbak Azizah sama Mas Levi. Ternyata jauh sebelum aku tiba di Nijmegen, mereka ini udah ada wacana pengen trip keliling Eropa. Mbak Azizah sendiri sebenernya udah beberapa kali ikutan field trip di kelasnya. Terakhir doi maen-maen ke Bruxelle buat kenalan sama gedung-gedungnya EU. FYI, Mbak Azizah ini siswa Erasmus program Planet Europe. Jadi buat doi, pembahasan tentang tata kotanya Europe ini udah jadi makanan sehari-harinya doi. Makanya field trip mulu. Aku kenal sama Mbak Azizah ini nggak sengaja lo! Sebenernya aku udah denger tentang beliau dari Mas Levi pas aku baru nyampe di Nijmegen. Terus aku add akun facebooknya dan kita juga sempet chatting di facebook. Tapi emang kita nggak pernah ketemu langsung. Nah, suatu sore pas aku lagi jalan ke parkiran sepeda di kampus, aku liat ada cewek hijaban juga jalan ke arah parkiran. Aku liatain aja, eh dianya senyum. Terus kita berdua senyum-senyum awkward gitu sampe akhirnya aku beraniin nanya “Mbak Azizah yah?”. Dan dia pun balik tanya “Deanty yah?” Terus kita berdua ketawa-ketawa deh. Yey! we finally met, for real. Oh iya, sedikit cerita tentang Mas Levi, Mas Levi ini mahasiswa jurusan European Law. Boleh dibilang dia ini adalah orang yang nyelametin aku dari keterlantaran di Nijmegen. Ceritanya waktu sebelum pergi ke Nijmegen, aku yang nggak kenal siapa-siapa di Nijmegen ini coba ngontak orang Indonesia yang ada di sana. Tapi susah banget, ngontak anak PPI pun susah, nggak ada respon. Akhirnya aku nemu grupnya PPI Nijmegen dan posting di grup PPI Nijmegen. Waktu itu aku nanyain tentang legalitas akta yang nggak dilegalisir sama Kedubes Belanda di Indonesia. Mungkin karena nggak ada yang tau, yang respon cuma mas Levi ini. Alhasil, setelah itu aku banyak merepotkan Mas Levi dan bahkan aku sampe nebeng di tempatnya dia di hari-hari pertama. Maaf dan suwun ya mas.

Nah, balik lagi.. jadi pas sekitar bulan November awalan gitu, Mbak Azizah nawarin buat join tripnya mereka. Awalnya aku agak ragu sih, bukan apa-apa.. beasiswa aku belum jelas kapan cairnya. Uang bekal awal dari dikasih Diktipun makin hari makin menipis. Bingung aja, klo diiyahin takut beasiswanya nggak turun cepet, tapi kalo nolak pun takutnya nanti nggak dapet temen buat trip. Akhirnya dengan setengah nekat dan ragu akupun ngeiyahin tawarannya Mbak azizah. Mbak Azizah juga ngajakin temennya dari Enschede, namanya Mbak Indri. Mbak indri ini ngajakin temen kuliahnya juga namanya Mas Budi. Jadilah tim kita berlima, Mas Levi, Mbak Azizah, Aku, Mbak Indri dan Mas Budi.




Nyusun itinerary trip itu ternyata bukan perkara mudah. Asli deh, aku yang tugasnya cuma nyimak obrolan di grup aja berasa begitu pusing merhatiin yang pada booking akomodasi dan nentuin tempat yang mau kita kunjungi. Bukan apa-apa, selain kita pengen dapet penginapan dan transportasi semurah mungkin, jarak dari satu tempat ke tempat lain juga harus bener-bener diperhatikan. Jangan sampe kita booking hostel murah tapi jaraknya malah jauh kemana-mana. Ujung-ujungnya kita musti ngeluarin uang tambahan buat ongkos lokal. Belum lagi kalo maksain mau jalan kaki, kaki kita bisa gempor dan mendadak bengkak gara-gara jalan kejauhan. Mas levi sampe ngeskip makan siang demi bisa booking tempat dan transportasi yang make sense. Dan emang, yang berperan banyak dalam tahap preparation ini kebanyakan Mas Levi sama Mbak Azizah. Aku dan yang lain sih manut-manut aja. Targetnya, buat 5 hari trip itu nggak boleh lebih dari 305 Euro dan maksimal, keseluruhan trip kita ngabisin 500 Euro dengan destinasi sebanyak-banyaknya. Haha.. banyak maunya yah kita :D

Jadi.. demi kebaikan bersama dan kemudahan perkara perbookingan semua anggota transfer uang masing-masing 305 Euro ke rekeningnya Mas Levi. Setelah itu, Mas Levi yang bayar-bayarin akomodasi dan transportasi kita pake uang yang kita udah kumpulin di rekeningnya dia. Aku agak malu sih, karena pas yang lain udah transfer, aku masih minta dana talangnya Mas Levi karena uang beasiswanya belum cair. Dan ternyata yah, masalah booking-bookingan itu juga nggak gampang, kalo kita pengen dapet transportasi murah, kita musti bener-bener “gercep”. Karena kadang telat beberapa detikpun harga udah naek. Ini kejadian pas kita booking kereta dari Milan-Venezia. Awalnya kita dapet harga kereta yang murah banget, tapi karena telat beberapa menit, harganya udah berganti jadi yang agak mahal.

Itinerary kita waktu itu. Shout out buat Mas Levi yang udah merelakan waktunya demi Itinerary ini!


Akhirnya… setelah perjuangan panjang dapetin akomodasi dan transportasi yang hemat dan make sense, diputuskanlah kalo kita akan berangkat pas liburan Natal, setelah semua ujian selesai. Dan setelah perjuangan cari transportasi dan akomodasi yang melelahkan itu, Mas Levi kasih tau kalau uang kita yang baru kepake itu adalah 246.20 Euro dari total masing-masing 305 Euro. Sisanya masih lumayan, nah sisanya ini nantinya kita pake buat transportasi lokal.

Sambil nunggu waktu liburan tiba, kita semua sibuk sama urusan masing-masing. Aku pribadi waktu itu sibuk dengan term paper dan buku statistik aku. Maklum, kelas Language Testing yang aku ambil di semester awal itu isinya lebih banyak tentang statistik dan ujiannya berbentuk ujian tulis di kelas. Mau nggak mau, aku yang emang nggak terlalu doyan sama angka ini harus memaksakan diri mencerna semua materi kuliahnya biar aku bisa lulus dan nggak harus retake. Kebayang dong kalo liburan sambil mikirin retake.

Next, starting point. Paris!

Comments

Popular posts from this blog

Nijmegen, Kota Kecil yang Bikin Susah Move On

Jadi.. tadi malam, sebelum tidur, iseng-iseng saya buka instagramnya gemeente Nijmegen. Gemeente itu mungkin kalo di kita sama kayak pemerintah kota mungkin yah. Di akun instagram itu, baru aja diupload foto terkini Nijmegen. Lagi bersalju, cantik banget. Well.. mungkin nggak banyak yang tau Nijmegen itu adanya di mana. Tempatnya emang nggak setenar kota-kota cetar di Eropa macam Amsterdam, Paris, Roma atau mungkin Berlin. Tapi jangan salah, Nijmegen itu punya mantra sendiri yang bisa bikin orang nggak bisa move on . Ehm.. dulu saya itu pernah jadi warga Nijmegen. Nggak lama sih, cuma setaun. Waktu itu saya tinggal di sana buat nerusin kuliah saya. Saya inget, pas dulu saya baru pulang ke Indonesia terus ketemu orang-orang baru, mereka itu nanyanya nggak jauh-jauh dari: “Dulu di Belandanya di mana?” “di Nijmegen”  “Hmm.. Nijmegen itu di sebelah mananya Amsterdam yah ?” Atau bahkan ada yang nanya “Emang ada yah di Belanda kota yang namanya Nijmegen?” Bahkan yang

Tentang Berlebaran (Mumpung Masih Syawal)

Sebenernya tulisan ini dirintis ditulis dari beberapa hari sebelum takbiran dan lebaran kemaren gegara efek dengerin podcastnya Milenial Islami di Inspigo. Waktu itu, kebetulan bahasannya lagi tentang berlebaran di luar negeri. Tapi akhirnya, tulisan ini baru bisa diselesaikan lima menit yang lalu dan di publish hari ini, berminggu-minggu setelah lebaran usai (yang penting masih bulan Syawal   kan yah, kan katanya bulan Syawal itu bulan banyak berkah makanya banyak yang nikah, eh ). Waktu itu males nerusin tulisan ini karena dunia perjagadmayaan keburu rusuh dan bikin gerah. Aku sempet uninstall Twitter dan Instagram untuk beberapa saat karena mumet liat makhluk Tuhan pada berantem terus gegara perhelatan copras-capres (Padahal percayalah kawan, berantem   khususnya berantem di medsos nggak bikin kita kenyang, yang ada jempol bareuh dan ngajebragan ) Jadi ceritanya begini, setelah lebih dari ribuan purnama aku hidup di dunia, baru di Lebaran taun ini aku baru ngerasain lagi spe

Makasih yah 2023, Hai Hallo 2024!

Sponsored by kerikil skenanya Kopitagram Bandung Hi! Lama tak jumpa. Tau nggak, huruf pertama tulisan ini aku tulis di 00.00 menuju tahun 2024 (penting banget ya?). Kesannya kayak disengajain banget yah biar dapet momennya. Padahal sebenernya nggak juga lo. Sebenernya aku nulis karena aku nggak bisa tidur (padahal udah rencana banget tidur cepet biar pagi di tahun baru bisa ku isi dengan ngerutinin jogging pagi lagi). Tapi ya mau gimana, matanya nggak mau merem. Sebenernya juga tiga bulan belakangan jadwal tidurku balik kacau. Ini ngefek juga ke rutinitasku yang lain (yang tadinya udah mulai kek orang sehat dan bener, haha). Aku mulai sering skip olahraga, makan berantakan, ngopi tiap hari dan berakhir dengan mata panda yang makin kentara (gimana mau glowing coba? Katanya kau mau glowing hey!). Oke, selagi rang-o-rang pada dar der dor di luar sana, mari kita recap tahun 2023 kemaren yah (sebulan lalu Vici bilang supaya aku mulai harus rajin nulis jurnal akademik , biar kalo lagi